PAT Membuat Kita Menjadi Keluarga Tanpa Pembeda

26 Juli 2012 tepat bulan puasa selepas ujian post test untuk masuk fakultas teknik elektro di universitas brawijaya. Sejujurnya kami jenuh dengan test ini, karena kami sudah menjalani test berkali-kali termasuk dengan test toefl dan test potensi akademik. Untuk masuk program magister universitas brawijaya harus melewati banyak test. Ya, memang semuanya harus ditempuh kendati beberapa teman tidak peduli dengan test tersebut.

PAT merupakan singkatan dari progam alih tahun. Pelaksanaan PAT dilakukan selama sebulan sebelum resmi menjadi mahasiswa pasca sarjana universitas brawijaya. Well, dalam program ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan perkuliahan biasanya, karena kita punya jadwal kuliah yang diisi oleh para doktor dan profesor.

Dengan adanya PAT ini kami jadi kenal satu sama lain sesama mahasiswa, tentunya dengan beragam perbedaan suku, umur, agama, bidang pendidikan dan lain-lain. Wait,,, semua perbedaan ini tidak terlihat ketika kami berbaur, karena dalam kelas ini semuanya kompak. Mulai dari urusan kerja kelompok, nyontek sampai urusan makan pun kompak banget.

Sore itu, selepas test yang terakhir untuk masuk sebagai mahasiswa pasca sarjana kami membagi diri menjadi dua tim yaitu tim cewek dan tim cowok. Tim cewek pergi ke rumah Tita (salah seorang yang saya baca datanya lewat server kampus, dan well saya nemu file skripsinya :D). Tim cowok dipimpin oleh Andry (Alumni UNMER, sepintas saya baca datanya dari file pendaftaran di UNMER, selebihnya via jejaring sosial) karena dia yang hafal jalan menuju ocean garden (Nama salah satu rumah makan di Malang)

Penggagas ide ini sepertinya adalah pak Busro (Mahasiswa paling sepuh dikelas) atau entah mungkin Mba Elta (Dosen UNMER lulusan STIKI, Tidak banyak yang saya baca dari teman yang satu ini, karena saya coba trace data di kampusnya tapi tidak nemu :D) tapi yang jelas siapapun yang menggagasnya, ini adalah ide yang sangat keren, karena saya merasa kita adalah sebuah keluarga yang layak dipertahankan.

Perjalanan menuju Ocean Garden dekat station kota baru terhambat sampai dijalan ijen karena mba Ratih (Alumni UB yang belum sempat saya search lebih lanjut, padahal udah nemu beberapa berkas di UB atas namanya :D) SMS kalau acara dipindah ke ocean garden dekat jalan sukarno hatta. Awalnya kabar yang saya dengar bahwa tempat sudah di pesan oleh Becik Gati Anjari (Alumni PENS ITS, orang yang saya dapat datanya dari data pendaftaran mahasiswa baru di UM dan saat PAT saya kabarkan kedia kalau dia sudah diterima di UM. Ups dia kaget banget :D.)

Bersambung........
Saya lanjutkan Besok tulisannya :D. 

[Symbol @ dalam tulisan dibawah mengindikasikan kata ganti Mas, Pak,]

 

We Are Family

Suku, umur, agama bukanlah sebuah dogma yang dibuat menjadi alasan untuk kita tidak saling mengenal satu sama lain. Saat ini kami tidak melihat perbedaan dari sisi yang saya sebutkan diawal kecuali perbedaan yang mendasar antara orang jahat dan orang baik.

Ocean garden kita bertemu untuk menjadikan dunia lebih baik. Ini adalah awal yang baik untuk menjalin kebersamaan antara satu kelas yang dikemudian hari akan menempuh kuliah selama (insya Allah) 4 semester.

Well, sore itu diisi dengan banyolan dari pak (Busro) so pasti yang selalu membuat kita tertawa. Pak busro sejujurnya sudah sepuh dari kami, tapi nampaknya caranya beliau menghadapi hidup sangat indah. Jadi kami yang ada di barisan anak muda imut @Andry @Ihsan @Sulton @Satrum @Ahsan @Radit *Yang terlupa mohon maaf* merasa tidak canggung untuk berkomunikasi dengan beliau.

Suasana keakraban semakin bertambah ketika @Chotib (Orang yang pada saat presentasi telekomunikasi digital bawa hardware + software untuk didemo, sepintas membuat saya tercengang #kerenbanget, dibeberapa waktu @Setyo menyebutnya ahli remote control :D) datang membawa istri dan anaknya. Duduk berjejeran tidak mengurangi kehangatan sore itu. Mulai dari @Andry yang duduk diujung sebelah kiri sampai ke @Sulton di ujung sebelah kanan. Dibagian depan didominasi oleh cewek-cewek ada @Elta @Tita @Ratih (Yg tidak disebut maaf lupa).

Sejujurnya saya ingin duduk dekat @Andry dan @Satrum biar bisa ngerumpi sesama pemuda imut :D tapi saya lihat @Sulton di belakang sudah mengarahkan tangan untuk duduk ditempatq itu, berjejer dengan @Sulton @Becik @Busro. Akhirnya diujung kanan sedikit berdiskusi tentang keinginan untuk membuat sebuah produk bersama yang diawali oleh @Setyo Budi (Si ahli matematika, tidak banyak yg saya ketahui tentang teman yang satu ini, selain kejeliannya dalam menghitung :D).

I want to hug all of you

Rasanya saya ingin memeluk semua teman-teman yang hadir saat itu. Mulai dari @Andry sampai @Sulton saking hangatnya suasana yang diiringi dengan terharu karena sebentar lagi kita akan berpisah selama liburan, akan bertemu nanti setelah lebaran dibulan september.

Well, tidak banyak kata yang bisa saya gambarkan dari suasana saat itu. Absolutely I am happy. I think I got new family in this town. Bersyukur pada tuhan karena telah mempertemukan kita semua, dan bersyukur pada Universitas Brawijaya karena telah mengadakan program PAT sehingga kami dapat berjumpa untuk berbagi kasih dan sayang sesama manusia, karena sesungguhnya perbedaan yang mendasar manusia yang satu dan lainnya hanyalah antara manusia yang baik dan manusia yang jahat, selebihnya kita bersaudara.

Saat ini kami yang tinggal diluar pulau jawa berharap penuh pada kalian yang tinggal di pulau jawa terutama daerah UB untuk berkenan kiranya menginformasikan pengumuman seputar akademik. @Andry @Satrum dan yang lain, saya tunggu informasi dari kalian.

Semoga tuhan selalu melimpahkan kasih sayang buat kita……

[Yang belum disebut namanya mohon Maaf. Saya lupa apakah saudara saya @Mukhlison ikut pada saat itu]

7 comments:

  1. makasih lo ya udah nulis nama lengkap aku di stu biar klo ada org browsing nama ku lagi ga nyasar ke pengumuman kampus sebelah lagi..pindah gih kemari ..
    thanks for everything,next trip kmana kita??
    #tertanda si anak "ragil" di kluarga PAT ^_^

    ReplyDelete
  2. Tunggu kabar selanjutnya, kita ada acara halal bihalal. Pindah ke UM? Wow amazing bisa belajar filsapat, tapi saya sudah terlanjur senang dan merasa seperti keluarga besar dengan teman-teman kelas, jadi belooooon mua pindaaaaaaaaaaaah :D I love all of my friend in this class

    ReplyDelete
  3. padahal kalo search di google ada 295 hasil yang ada namaku xixixixix... *masih dikit banget yah... udah lama ngga nge blog ... dulu kupunya domain www.eltasonalitha.net ..

    sekelas harus oke deh,.. yang pasti jaga kekompakan selalu he he he ...

    ReplyDelete
  4. buka nyuruh bindah ke UM,tapi pindah browsing nama di sini mksdQ..
    mbak el...arisanya kapan coba ?

    ReplyDelete
  5. Mba @Eltasonalitha Data yang saya cari data mengenai latar belakang dan sebagian besar privacy untuk mempermudah saya berkomunikasi dengan teman-teman. Yang ada di hasil pencarian di google tidak seperti yang saya inginkan. Ada juga tuh yang nongol DBC Network :D.....Cheers
    @Becik Gati
    He he he Sekarang mah udah g perlu browsing tinggal wawancara ke orangnya :D

    ReplyDelete
  6. saya juga merasakan telah menemukan keluarga baru saat masuk kelas PAT. this is my new family, not just a friend. semoga kita terus selalu kompak ya masbro mbabro, dan terus menjaga kekompakan ini. sebenernya saya juga belum pernah masuk ocean garden cuma lewat aja yg sering :D, dan baru pertama kali kemaren itu masuk ke ocean garden. maklum saya baru balik dari merantau ke tetangga jawa sebelah jadi ga tau, jaman saya kuliah dulu masih belum ada soalnya (tepatnya sekitar 2 tahun yg lalu kata mas satrum berdirinya ocean garden). makasih loh udah dibilang pemuda imut :p ahaha...next kita kumpul" bareng lagi acara halal bihalal habis lebaran (kemaren ditawarin di rumah mas chotib buat tempatnya). saya nanti akan mengabarkan secara live kalo ada info tentang akademik. big hug buat kalian semua...
    "salam kompakers"

    ReplyDelete
  7. @cicik : pastinya start kuliah start arisan he he he

    @ihsan : All my life ada di http://www.facebook.com/elta.sonalitha :D
    kemaren sih jadi pingin nge-bloging lagi, mulai nol lagi, gpp deh, ntar di-isi2 sambil kuliah s2
    hi hi hi http://eltasonalitha.wordpress.com/
    iyup, dbc-network jaringanku juga salah satu keluarga ku hehehe

    ReplyDelete