Visual Basic on Mac OS X



Hari ini begitu penat terasa, padahal suhu kota Malang berada dalam suhu normal, namun entah apa penyebab saya merasa penat. Pekerjaan sudah diselesaikan sampai ketahap yang benar-benar selesai, setidaknya untuk hari ini saja.

Berkutat dengan menulis tutorial untuk Mac, Linux dan teknologi pada umumnya, mulai dari versi bahasa Indonesia sampai ke versi bahasa Inggris. Ya, setidaknya saya submit 4 artikel sehari.

Sekitar 6 aplikasi berjalan diatas laptop Macbook saya, termasuk virtualbox untuk menjalani sistem operasi Linux Ubuntu. Tiba-tiba browser favorit saya (baca safari) hang tanpa bisa di quit dengan force squit sekalipun. Bingung bukan kepalang, masalahnya si safari tidak bisa di minimize, jadi aplikasi yang lain terhalang, tidak bisa dibuka. Setelah mencoba beberapa jalan keluar akhirnya saya bisa meminimize safari, tapi tetap dalam kondisi not responding.

Saya pernah baca sebuah script dari Apple Script Editor dengan bahasa yang sedikit manusia, mirip seperti visual basic, tapi bahasa ini lebih terstruktur menurut saya. Well saya praktekkan
tell application "safari"
quit end tell
Yoi, seketika itu juga safari bisa di quit dan menghilang dari dock.

Saya tersenyum-senyum sendiri menelaah bahasa pemrograman ini, karena rasanya saya kembali ke masa lalu ketika ngoding Visual Basic dibawah sistem operasi Microsoft Windows. Dalam benak, saya berpendapat "Sepertinya saya bisa alih profesi jadi developer aplikasi buat Mac".

0 comments:

Post a Comment